SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Jumat, 15 April 2011

Misteri Kuntilanak

Rasa-rasanya setiap orang di Indonesia, terlebih bangsa Indonesia akrab dengan kata kuntilanak. Misteri kuntilanak dikenal di wilayah Indonesia mana pun mulai dari anak kecil hingga orang tua sekali pun. Misteri kuntilanak, entah awalnya muncul dari mana dan oleh siapa, yang jelas saat ini masyarakat kita begitu akrab dengan hantu yang satu ini.
Ada yang menyebutkan asal mula kuntilanak, yakni seorang perempuan bernama Kunti yang hamil kemudian melahirkan. Namun, di saat bayinya telah keluar, ia meninggal dunia. Tak sempat melihat sosok si buah hati, terlebih menggendong dan menyusui.

Kemudian, santerlah kabar yang menyebutkan melihat sosok Kunti memakai jubah putih mengais-ais anaknya. Itu sebabnya jika di masyarakat kita beredar mitos jika ada perempuan yang melahirkan, kemudian meninggal atau perempuan hamil meninggal sebelum sempat melahirkan anaknya, maka ia akan menjadi kuntilanak.
Benar atau tidak awal cerita tersebut, yang pasti sepertinya semua sepakat bahwa kuntilanak adalah sosok perempuan berjubah putih. Entah mengais bayi atau tidak itu persoalan lain.
Masyarakat kita percaya bahwa kuntilanak memang merupakan sosok perempuan berjubah putih berambut panjang terurai. Kerap melayang-layang, hadir sepintas pada bangunan tua tak berpenghuni atau duduk di ranting pohon besar. Ada yang menyebut ia suka bernyanyi, entah lagu apa. Ada yang menyebut ia malah suka tertawa.
Entah sebetulnya hal lucu apa yang membuat sosok kuntilanak sering tertawa. Biasanya sosok ini muncul secara sepintas, seolah-olah berjalan dari satu bangunan tua ke sebuah pohon yang rindang, atau sedang duduk asyik di ranting pohon sambil berayun-ayun.
Ada pula yang menyebutkan pernah melihatnya melakukan aktivitas lain, seperti menggendong bayi, menyisir rambut, dan aktivitas lainnya yang biasa dilakukan oleh perempuan.
Ada pula yang menyebutkan bahwa kita bisa mengidentifikasi kemunculan kuntilanak ini dari bau-bauan. Jika kita mencium bau bunga melati padahal tidak ada pohon melati, berarti ia memang berada di sekitar itu.
Ada pula yang menyebutkan kemunculannya ditandai seolah-olah kita mencium bau jeruk nipis. Beragam cerita yang muncul dibalik misteri kuntilanak.
Ada pula yang mengatakan bahwa kehadirannya bisa ditandai dari segi bunyi. Banyak yang menyepakatinya. Bukan dari bunyi tertawa, namun dari bunyi identitasnya yakni bunyi suara anak ayam. Menurut cerita, jika terdengar bunyi anak ayam bersuara maka itulah kuntilanak.
Entah bunyi itu bermakna apa, mengapa pula diidentikkan dengan suara anak ayam. Hanya saja, yang pasti masyarakat kita percaya jika bunyi anak ayam terdengar itu tandanya kuntilanak sedang bercerita mengenai apa yang dialami atau yang dirasanya dengan cara menyanyi.
Konon, hantu ini tidak membahayakan hanya mengganggu saja. Ia ingin bermain karena merasa kesepian dan sedih. Asal kita tidak mengganggu, ia pun tidak akan mengganggu kita karena sesungguhnya kehidupannya dengan manusia jelas berbeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar